Tugas 5 Desain Pemodelan Grafik # : Konsep Pemodelan Desain Grafik Pada Aplikasi Mobile
Konsep Pemodelan Desain Grafik Pada Aplikasi Mobile
A.
Elemen – Elemen Yang Dibutuhkan Pada Perangkat
Mobile
1.
Konsep Resolusi Layar Pada Perangkat
a.
Resolusi HD (720p)
HD
adalah singkatan dari High Definition. HD berarti pixelnya 1280 x 720.
b.
Resolusi Full HD (1080p)
Full HD
adalah kelanjutannya dan sekarang sudah menjadi standar resolusi layar di
pasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel.
c.
Resolusi QHD (2k)
QHD atau
Quad HD memiliki definisi empat kali lipat dibanding HD Standar. Itu berarti
anda bisa memasukkan jumlah pixel empat biji layar HD kedalam satu layar QHD
dengan ukuran sama. Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440.
d.
Resolusi Ultra HD (4k)
4K
adalah 4096 pixel, dan Ultra HD adalah 3840 pixel. Ultra HD adalah 3840 x 2160,
sementara 4K adalah 4096 x 2160. Mereka biasanya disingkat menjadi 2160p
berhubung perbedaan jumlah pixelnya tidak begitu besar.
2.
Konsep Layout pada Apps Perangkat
a.
Linear Layout
LinearLayout
adalah sekelompok tampilan yang menyejajarkan semua anak dalam satu arah,
secara vertikal atau horizontal
b.
Relative Layout
RelativeLayout
adalah Layout ini menampilkan komponen dalam posisi relatif. Posisi masing-masing
Layout dapat ditentukan sebagai relatif terhadap elemen saudara (seperti di
sebelah kiri atau di bawah tampilan lain) atau pada posisi relatif terhadap
area RelativeLayout induk (seperti sejajar dengan bagian bawah, kiri atau
tengah).
c.
Frame Layout
Layout
ini adalah layout yang paling sederhana. Layout ini akan membuat komponen yang
ada didalamnya menjadi menumpuk atau saling menutupi satu dengan yang lainnya
(layering). Komponen yang paling pertama pada layout ini akan berada dibawah
komponen-komponen diatasnya. Pada penggunaan fragment, Frame Layout memiliki
kemampuan untuk menjadi container untuk tiap fragment didalam sebuah Activity.
d.
Grid Layout
GridLayout
ini diperkenalkan pada API level 14 (Android 4.0 / Ice Cream Sandwich), layout
ini akan memberikan kemudahan dengan mengakomodir komponen didalamnya ke dalam
bentuk Grid (Kolom dan Baris). Dalam sebuah referensi, GridLayout merupakan
komponen Layout yang sangat fleksibel dan dapat dimanfaatkan untuk
menyederhanakan pembuatan Layout UI yang bersifat kompleks dan bersarang yang
terdapat di komponen Layout lainnya.
3.
Konsep Tipografi Yang Sesuai Untuk Desain Grafis
App Perangkat
a.
Roman
Huruf di
keluarga Roman memiliki ciri khas tersendiri yang muda dikenali. Huruf Roman
memiliki ketebalan dan ketipisan pada setiap garis di huruf – hurufnya. Semua
huruf yang ada di bawah naungan kategori Roman memiliki ciri khas klasik,
anggun, tegas, lemah gemulai dan feminim. Keluarga huruf Roman sudah ada
sekitar abad 11 atau 12. Karena itu, huruf Roman merupakan salah satu kategori
huruf yang paling tua. Jenis font yang ada di kategori huruf Roman antara lain
Bodoni, Georgia, dan Times New Roman.
b.
Egyptian
Huruf
yang berada di bawah keluarga Egyptian memiliki ciri huruf seperti papan.
Berbeda dengan kategori Roman yang memiliki tebal tipis di hurufnya, Egyptian
memiliki ketebalan yang hampir sama di setiap hurufnya. Kesan yang ditimbulkan
oleh jenis huruf Egyptianadalah kokoh, kuat, kekar, dan stabil. Jenis font yang
ada di kategori Egyptian adalah Rockwell dan Typo Slab – Serif.
c.
Sans Serif
Huruf
yang berada di bawah keluarga Sans Serif hampir mirip dengan huruf yang berada
di bawah keluarga Roman, hanya saja jenis huruf ini tidak memiliki sirip di
ujung. Ketebalan hurufnya pun tidak tebal tipis, melainkan solid. Kesan yang
ditimbulkan jenis huruf ini adalah modern, kontemporer, dan efisien. Bisa
dibilang huruf di kategori Sans Serif merupakan versi modern dari Roman. Jenis
font yang ada di kategori Sans Serif adalah Arial, Century Gothic, Futura,
Helvetica, Lucida Grande, Trebuchet MS, dan Verdana.
d.
Script
Sama
seperti namanya, huruf yang berada di bawah kategori ini memiliki rupa layaknya
tuliksan tangan. Tetapi bukan huruf cetak ya. Seperti tulisan tangan sambung
yang dibuat dengan pena, kuas, atau pensil tajam. Biasanya huruf di bawah
kategori ini memiliki ciri khas miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkan oleh
kategori huruf ini adalah pribadi dan akrab. Jenis font yang ada di kategori
ini adalah Freestyle Script dan French Script.
e.
Miscellaneous
Huruf
yang berada di kategori ini tidak memiliki ciri khas atau rupa yang spesifik
seperti 4 kategori lainnya. Huruf yang berada di bawah kategori ini biasanya
merupakan pengembangan dari bentuk – bentuk yang sudah ada, hanya ditambahkan
hiasan, ornament atau garis – garis dekoratif. Jenis font yang ada di bawah
kategori ini sangat banyak, antara lain Comic Sans MS, Joker, dan Magneto.
4.
Format Gambar Yang Dapat Disisipkan Dalam App
Perangkat
Pengertian
Format Gambar adalah suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam
pandangan 2D atau 3D. Format file gambar yang ada saat ini :
·
Joint Photographic Expert Group (JPEG/JPG)
·
Graphics Interchange Format (GIF)
·
Portable Network Graphics (PNG)
5.
Konsep Warna Pada App Perangkat
Dalam
pengolahan image, dikenal dua macam warna paling populer yang menjadi standar
internasional, yaitu RGB dan CMYK.
a. RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue. 3
warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors).
Dengan basis RGB, seorang desainer bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka
sehingga warna tersebut akan tampil universal. Dasar warna ini menjadi standar
pasti dalam konteks profesional, seorang desainer tidak bisa mengatakan sebuah
warna berdasar pertimbangan subektif, misal: biru muda menurut orang awam
adalah birunya langit di siang yang cerah, hal ini bisa jadi berbeda bagi orang
lain dengan pertimbangan yang lain pula.
Untuk
menyamakan persepsi dalam definisi warna, perlu adanya standar internasional
dalam konteks kerja profesional. Dengan standar RGB, seorang desainer dapat
mengatakan warna dengan komposisi angka yang jelas, warna biru memiliki
komposisi perpaduan antara unsur Red, Green, Blue dengan derajat angka untuk R
: 115 – G : 221 – B : 240.
b. Standar warna internasional lainnya yang
digunakan untuk dunia percetakan adalah CMYK yang merupakan Singkatan dari Cyan
– Magenta – Yellow, dan K mewakili warna hitam. Seperti halnya RGB, CMYK
menggunakan standardisasi warna dalam koordinat. Rangenya antara 0 – 100
sehingga kehadiran unsur K sangat menentukan. Berapapun koordinat CMY-nya,
selama K- nya 100 maka warna tersebut akan jadi warna hitam. CMYK merupakan
standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar industri
printing. Sampai saat ini dunia cetak- mencetak memakai 4 warna dasar dalam
membuat warna apapun.
6.
Konsep Input Pada Apps Perangkat
Input
adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk
selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah
komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke
dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk
memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.
Input
pada apps perangkat bergerak berarti memasukan gambar atau grafik yang telah
kita buat untuk membuat rangkain gambar bergerak kedalam aplikasi pengolah
animasi (gambar bergerak).
B.
Contoh Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat
Mobile
1.
PicsArt
2.
Canva
3.
Adobe Photoshop Express
4.
AutoCAD
5.
3DC.io – 3D Modeling
6.
Adobe Photoshop Lightroom CC
7.
Adobe Illustrator Draw
8.
AirBrush
9.
Snapseed
10.
Adobe Photoshop MIX
11.
Adobe Photoshop Fix
12.
Infinite Design
13.
Designapp Design Graphic
14.
Desygner
Referensi :
http://diarsirazudin.blogspot.com/2019/10/konsep-pemodelan-desain-grafik-pada.html
https://carisinyal.com/aplikasi-desain-grafis/
Komentar
Posting Komentar