Manusia Dan Pandangan Hidup


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Manusia merupakan makhluk yang paling tinggi derajatnya diantara makhluk ciptaan Allah lainnya. Dikarenakan manusia memiliki akal, pikiran, dan nafsu karena hal inilah manusia disebut sebagai khalifah di muka bumi ini. Manusia dituntut untuk berpikir lebih maju untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di dunia, baik yang bersifat jasmani maupun rohani yang sempurna. Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup.
Pandangan hidup dapat menjadi pegangan, bimbingan, atau pedoman hidup manusia dalam menempuh kehidupan. Oleh karena itu, di sinilah akal budi manusia berperan dalam kehidupan dunia dan akhirat karena itu yang menentukan akhir hidup manusia.
Perlu diingat bahwa pandangan hidup tidak langsung muncul dalam masyarakat, melainkan melalui berbagai proses dalam kehidupan. Dalam perkembangan manusia itulah proses dalam menemukan jati diri atau pandangan hidupnya, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

A.          Definisi Pandangan Hidup
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, dan petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu sendiri merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup itu banyak sekali macam dan ragamnya. Dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya ada 3 macam, yaitu :
1.           Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2.           Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3.           Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

B.          Cita-Cita
Cita-cita adalah keinginan, harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Itu semua merupakan yang harus diperoleh seseorang pada masa mendatang.
Apabila cita-cita itu tidak bisa terpenuhi, maka cita-cita itu sendiri di sebut dengan angan-angan.
Diantara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan datang sebagai ide atau cita-cita terdapat jarak waktu. Ada 3 faktor yang mempengaruhi untuk mencapai cita-cita tersebut, yaitu :
1.           Faktor Manusia, tergantung dari dirinya sendiri apa dia mau mencapai cita-citanya atau tidak. Dan harus dilakukan dengan usaha nya sendiri.
2.           Faktor kondisi, sesuai kondisi yang sedang dia rasakan. Apa dia bisa menempati sesuai kondisi yang dia alami atau tidak.
3.           Faktor tingginya cita-cita, semakin tinggi cita-cita kita semakin besar pula usaha yang harus kita lakukan tergantung apa cita-cita yang kita inginkan.
Misalnya saya mempunyai cita-cita untuk bisa mensejahterakan, memberikan lapangan pekerjaan, memberikan kehidupan yang layak untuk orang lain, dan tentunya menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara. Adapun cita-cita pribadi saya yang lebih spesifiknya yaitu ingin mendirikan sebuah perusahaan sendiri khususnya yang bergerak di industry Game.

C.          Kebajikan
Kebajikan (kebaikan) atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Kebajikan berarti berbuat sesuatu kebaikan kepada pihak lain, kepada sesama manusia, alam, dan Allah SWT . Kebajikan merupakan suatu tindakan yang bersumber pada kebijakan, nilai, norma, dan agama.

D.         Usaha / Perjuangan
Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan suatu cita-cita yang di inginkan. Setiap manusia harus bekerja keras demi kelangsungan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha atau perjuangan. Perjuangan untuk hidup itu sudah kodrat manusia, tanpa usaha atau perjuangan manusia tidak dapat hidup sempurna. Bila kita menginginkan sukses kunci nya kita harus berusaha dan berdoa. Berusaha dalam artian belajar dengan tekun, rajin dan giat.
Misalnya untuk mencapai Cita-Cita saya, saya selalu belajar mengenai Game Developer, belajar mengenai Artificial Intelligence, dan bergabung ke komunitas untuk meningkatkan kemampuan untuk membuat sebuah game.

E.          Keyakinan / Kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan allah. Menurut Prof. Dr. Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat yaitu :
1.           Aliran Naturalisme
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur dan itu dari allah.
2.           Aliran Intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika atau akal. Manusia mengutamakan akal dan dengan akal manusia berpikir.
3.           Aliran Gabungan
Dasar aliran ini adalah kekuatan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib misalnya kekuatan yang berasal dari allah dan percaya adanya allah sebagai dasar keyakinan.

F.          Langkah Berpandangan Hidup Yang Baik
Manusia pasti mempunyai pandangan hidup bagaimanapun bentuknya. Pandangan hidup itu tergantung pada orang yang bersangkutan. Adapun poin-poin penting bagaimana cara kita berpandangan hidup yang baik, yaitu :
1.           Mengenal
Kita harus mengenal diri kita sendiri siapa kita, seperti apa pandangan hidup kita. Karena sebelum kita mengenal lingkungan, kita harus bisa mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu.
2.           Mengerti
Mengerti disini adalah mengerti tentang pandangan hidup kita dan mengerti tentang diri kita sendiri.
3.           Menghayati
Setelah mengerti kita menghayati pandangan hidup itu untuk memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai pandangan hidup itu sendiri.
4.           Meyakini
Kita perlu meyakini pandangan hidup yang telah kita tetapkan didalam diri kita, dan percaya bahwa pandangan hidup kita merupakan yang terbaik bagi diri kita.
5.           Mengabdi
Kita aplikasikan pandangan hidup yang kita yakini ke dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa merasakan manfaatnya.

G.         Cita-Cita Yang Sudah Dicapai
Saat ini bisa dibilang belum ada satupun cita-cita yang sudah saya gapai, saya masih dalam proses mengejar cita-cita tersebut. Langkah saya untuk mencapai itu masih jauh, untuk itu saya akan tetap berjuang untuk mencapainya.  

Komentar

Postingan Populer